Produksi Ikan

Informasi paska tinggi gelombang 4-6 meter di perairan samudera hindia

Penulis : , | 01/08/2018 16:47

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakatu

Syahbandar di Pelabuhan Perikanan yaitu Syahbandar di PPS Lampulo (red. sdr. Tommi) kondisi cuaca hari rabu tanggal 01 Agustus 2018 menginformasikan bahwa setelah gelombang tinggi yang mencapai 6 meter di perairan samudera hindia yang disertai angin kencang pelayanan Kesyahbandaran kini berangsur normal. Sebagaimana sebelumnya informasi dari BMKG yang selalu terinformasikan dari stasiun Belawan melalui email syahbandar dan himbauan dari Kementerian Perhubungan dimedia cetak (red.suara merdeka 23/07/2018) serta surat edaran dari Direktur Jenderal Perikanan Tangkap kepada para Syahbandar  diseluruh wilker nomor: B.9410//DJPT/TU.210.D3/VII/2018 tentang prakiraan tinggi gelombang yang mana Surat Persetujuan Berlayar untuk tidak diterbitkan guna menghindari kecelakaan laut.

Yang dilakukan oleh Syahbandar berdasarkan informasi dan surat edaran tersebut serta pantauan langsung yang dibantu oleh para petugas syahbandar diPP hingga minggu tanggal 29 Juli 2018 SPB sama sekali tidak diterbitkan khususnya untuk kapal-kapal perikanan yang melaut >1hari dengan fishing ground ke samudera hindia kecuali kapal <20 GT (oneday fishing) dengan wilayah tangkap <4mil laut.

Alhamdulillah kita bersyukur tinggi gelombang dan angin kuat kian berangsur normal dan pelayanan kembali biasa dan diikuti harga ikan kembali stabil. Dari informasi ini yang terpenting adalah tidak ada korban kecelakan laut.

Demikian dan salam dari kami wilayah barat Indonesia 

Wassalamualaikum.

Tommi P