Produksi Ikan

Rapat Pembahasan SOP dan Implementasi Operasional PPDI/TPI-Higienis PPN Brondong

Penulis : , | 25/07/2018 21:40

Brondong- untuk kelanjutan kesiapan relokasi pembongkaran ikan dari TPI lama ke TPI –Higienis yang sudah disepakati dalam rapat koordinasi di kantor Sekda Kab. Lamongan, maka hari ini, Senin, 23 Juli 2018, dilakukan rapat pembahasan SOP dan Implementasi Operasional PPDI/TPI-Higienis di Balai Pertemuan Nelayan PPN Brondong, yang dipimpin oleh Kalabu PPN Brondong, Dedi Sutisna, dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan Kab. Lamongan, Camat Brondong, Kapolsek Brondong, Danramil Brondong, Polairud Brondong, Kamladu, Kepala Satker PSDKP Brondong, Perum Perindo Cab. Brondong, KUD Minatani Brondong, HNSI Kab. Lamongan, RN Brondong, RN Blimbing, RN Kandang Semangkon, Perwakilan Suplier/ASPILA dan Perwakilan pemilik kapal.

Mulai tanggal 26 Juli keatas seluruh kegiatan pembongkaran ikan di TPI lama di tutup dan pindah ke TPI-Higienis. Pelabuhan dan KUD agar mensosialisasikan keseluruh stakeholder dengan melibatkan: Muspika, HNSI, ANI, ASPILA, RN Brondong,RN Blimbing dan RN Kandang Semangkon.

SOP pembongkaran antara lain : 1. Bila mau bongkar harus lapor dan mengambil kartu antrian pembongkaran, 2. Memanggil kuli pikul, 3. Ikan disorter dimeja sorter yang sudah disiapkan (jika meja sorter tidak mencukupi maka sorter boleh dilakukan dilantai dengan syarat harus memakai alas/terpal),4. Dua (2) meja sorter digunakan untuk 1 kapal, 5. Setelah disorter ikan ditimbang, 6. Selanjutnya dilakukan transaksi di tempat yang sudah ditentukan.

Di Holl PPDI/TPI-Higienis dilakukan zonasi untuk menampung berbagai aktivitas penanganan ikan antara lain: 1. Zona Transaksi, 2. Zona ikan Pancingan, 3. Zona untuk pengepul, 4. Zona untuk ikan Harian, 5. Zona untuk ikan cumi, 6. Zona untuk PK (pemotongan kepala) ikan Manyung, 7. Zona bakul harian.

Pelabuhan agar membuat Benner dan pengumuman penutupan pelabuhan lama dan disebarkan ke seluruh stakeholder dengan dibantu Instansi terkait, jika ada kekurangan dalam operasional kedepannya akan dilakukan pembenahan lebih lanjut.