Produksi Ikan

Kunjungan Bupati Blitar di UPT P2SKP Tambakrejo terkait kabar adanya potensi gelombang tinggi pada kawasan perairan Indonesia

Penulis : , | 23/07/2018 15:26

 


Memasuki minggu ke 4 pada bulan juli 2018, dilihat dari displai bmkg yang ada di kantor pelabuhan upt p2skp tambakrejo blitar cukup memprihatikan yakni pada frekuensi tinggi gelombang mencapai 2 sampai 4 meter. kondisi tersebut jelas bisa disimpulkan adanya gelombang yang tinggi di kawasan laut lepas blitar. beredar kabar juga dari bmkg kompas.com online di website, yang menginformasikan bahwa adanya prediksi gelombang  tinggi akan terjadi hingga akhir bulan ini. diperkirakan pada tanggal 23 sampai 28 juli 2018 akan terjadi gelombang tinggi dengan ketinggian mencapai 2,5 meter sampai 6 meter. diperkirakan kondisi ekstrimnya terjadi saat tanggal 24 dan 25 juli 2018. kabar tersebut jelas menjadi suatu kondisi yang memprihatinkan untuk diperhatikan atau dilakukan sebuah upaya pencegahan bencana.

dari penjelasan diatas tersebut, muncul perhatian dari pejabat nomer 1 di kabupaten blitar. tentu saja pada hari senin tanggal 23 juli 2018, bapak bupati menyurvei langsung kondisi cuaca di pelabuhan tambakrejo. bupati blitar tersebut, tiba di pelabuhan saat siang hari. pihak bupati beserta beberapa jajaran sekretariatnya juga terjun langsung dan memantau bagaimana keadaan yang sebenarnya di kawasan laut lepas selatan. dalam kegiatan survey langsungnya, bapak bupati blitar juga melakukan koordinasi dengan kasi pelabuhan upt p2skp tambakrejo. diharapkan dari kejadian ini terutama para nelayan lebih waspada atau menghentikan dulu aktivitas melaut dalam mencari ikan. kedepannya juga upaya ini untuk mencegah terjadinya hal- hal negatif yang akan terjadi. bapak bupati selaku kepala daerah kabupaten blitar, tidak menginginkan bencana muncul seperti yang terjadi dalam berita media indonesia.com yang mengabarkan bahwa ‘’ kamis, 19 juli 2018, gelombang samudera hindia di selatan jawa tinggi dan ganas sehingga memberikan dampak bagi nelayan, daerah wisata serta kawasan pesisir di selatan pulau jawa. dan telah terjadi, sebuah kapal nelayan yang berpenumpang 21 anak buah kapal (abk) karam akibat tersapu ombak di pantai plawangan, kecamatan puger, jember, jawa timur. sebanyak 6 abk ditemukan tewas dan 7 awak lainnya hingga kini masih hilang ‘’. (upt p2skp tambakrejo)