Produksi Ikan

Sosialisasi Penggunaan Alat Tangkap Ramah Lingkungan Bagi Nelayan Binaan PPS Cilacap

Penulis : , | 16/07/2018 15:20

PPS Cilacap (11/7/2018) – Kegiatan sosialisasi penggunaan alat tangkap ramah lingkungan bagi nelayan binaan PPS Cilacap yang melakukan kegiatan penangkapan ikan di wilayah PPP Lohgending bertempat di Aula Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Lohgending Kebumen Jawa Tengah (10/07/2018).

 

Kegiatan Sosisalisasi kepada nelayan di wilayah PPP Lohgending merupakan salah satu pelaksanaan tugas pembinaan UPT Pelabuhan Perikanan Pusat terhadap UPTD Pelabuhan Perikanan di daerah

 

Sosialisasi penggunaan alat tangkap ramah lingkungan dibuka oleh kepala seksi PPP Lohgending, Imam Rusli, A.Pi mewakili Kepala PPP Lohgending dengan narasumberKepala Seksi Kesyahbandaran PPS Cilacap. Dwiharto Kurniawan, A.Pi.M.M dan Kepala Seksi Peningkatan Daya Saing Hasil Perikanan

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen, Sigit Dwi, A.Pi.M.M. Peserta sosialisasi sebanyak 25 orang nelayan yang melakukan kegiatan penangkapan ikan di wilayah PPP Lohgending.

 

Disampaikan pada kegiatan tersebut pengetahuan tentang spesifikasi alat tangkap yang ramah lingkungan serta contoh berbagai alat tangkap yang dapat digunakan sesuai dengan peraturan yang ada serta dasar hukum dan berbagai peraturan yang mendasari pelaksanaan penggunaan alat tangkap ikan ramah lingkungan.

Selain itu diadakan pula forum diskusi dengan nelayan terkait pelaksanaan penggunaan alat tangkap ramah lingkungan dan tindakan yang akan dilakukan jika masih menemukan penggunaan alat tangkap destruktif.

 

Dengan diadakannya kegiatan sosialisasi tersebut diharapan agar para nelayan dapat memahami tentang penggunaan alat tangkap ramah lingkungan sesuai dengan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: 71/PERMEN-KP/2016 tentang jalur penangkapan ikan dan penempatan alat penangkap ikan di WPPNRI. (Sumber data: Seksi Kesyahbandaran)