Produksi Ikan

BIMBINGAN TEKNIS DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN IKAN DI PELABUHAN PERIKANAN MUNCAR

Penulis : , | 08/07/2018 17:29

Jawa timur adalah salah satu daerah dengan potensi hasil perikanan yang cukup besar dengan komoditi yang bervariatif. Menurut data BPS Provinsi Jawa Timur, tercatat pada tahun 2016 saja hasil perikanan mencapai 407.832,90 ton yang terdiri dari 390 269.30 ton dari perikanan laut dan 17 563.60 ton dari perairan umum. Tentu ini menjadi kabar yang menggembirakan sekaligus pekerjaan rumah tangga bagi kita semua khususnya dinas kelautan dan perikanan provinsi jawa timur untuk memanfaatkan potensi tersebut menjadi peluang bagaimana bisa menjadi salah satu nilai tambah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat jawa timur khusunya masyarakat nelayan.

Dewasa ini persaingan bisnis diberbagai sektor sangatlah kompetititf. Dari yang berbahan baku mentah langsung jual mulai bergeser dengan produk jenis olahan hasil diversifikasi produk yang mempunyai nilai tambah (value added) lebih tinggi dari segi penjualan atau harga. Apalagi perkembangan penjualan berbasis online sangat gencar saat ini. Tentu ini tantangan sekaligus peluang bagi para pedagang/produsen/pengusaha untuk terjun dan bisa eksis dalam menjalankan bisnisnya sehingga bisa menambah pendapatan mereka.

Diversifikasi produk adalah upaya mencari dan mengembangkan produk atau pasar yang baru, atau keduanya, dalam rangka mengejar pertumbuhan, peningkatan penjualan, profitabilitas dan fleksibilitas (Tjiptono, 2001).  Sedangkan menurut Effendi, 1996 diversifikasi produk adalah suatu perluasan pemilihan barang dan jasa yang dijual oleh perusahaan dengan jalan menambah produk baru atau jasa ataupun memperbaiki tipe, warna, mode, ukuran, jenis dari produk yang sudah ada dalam rangka memperoleh laba maksimal. Dari definisi di atas terlihat kesamaan pendapat mengenai tujuan diversifikasi yaitu perluasan atau penambahan terhadap barang dan jasa untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan.

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT. Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (P2SKP) Muncar bekerjasama dengan UPT. Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya dan Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan (PTPBP2KP) Kepanjen Malang mengadakan bimbingan teknis diversifikasi produk olahan berbahan ikan. Beertempat di aula UPT.P2SKP Muncar, sebanyak 30 orang menjadi peserta pelatihan dengan latar belakang yang beragam mulai dari istri nelayan, pedagang ikan, pengasin dll.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok dan diajari cara membuat produk olahan ikan bernilai tambah antara lain stik ikan dan kue ikan. Namun sebelum memasak, mereka terlebih dahulu dibekali materi tata cara penanganan dan pengolahan ikan yang baik dan penerapan sanitasi higiene. Terlihat para peserta sangat antusias mendengarkan penyampaian materi, terlebih dari pada saat praktek memasak. Ibu Ani salah satu peserta mengucapkan rasa terima kasihnya karena sudah diajari membuat produk olahan ikan sehingga bisa menjadi modal untuk berwirausaha nantinya,’’ungkapnya.

Tidak hanya diajarkan cara mengolah/memasak namun diajarkan pula cara pengemasan yang baik dan layak jual ke konsumen. Para peserta juga berharap agar kegiatan semacam ini terus diadakan secara berkelanjutan agar menjadi modal dasar umtuk memulai menjual ikan tidak hanya produk mentah atau semi jadi namun produk langsung jadi kekinian yang banyak diminati pasar sehingga tujuan akhirnya tercapai yaitu meningkatkan pendapatan mereka.