Produksi Ikan

BIMBINGAN TEKNIS SANITASI DAN HIGINE DI PELABUHAN PERIKANAN MUNCAR

Penulis : , | 07/07/2018 16:36

(Muncar / 7 juli 2018) Menyadari pentingnya mempertahankan kualitas mutu hasil perikanan dalam menjamin keamanan pangan maka diperlukan serangkaian tindakan dalam penanganan hasil perikanan mulai dari pra-penangkapan, pendaratan/pembongkaran, pemasaran sampai distribusi ke konsumen. Maka Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui UPT. Pelabuhan dan Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (P2SKP) Muncar bekerjasama dengan UPT. Pelatihan Teknis Perikanan Budidaya dan Pengolahan Produk Kelautan dan Perikanan (PTPBP2KP) Kepanjen Malang mengadakan bimbingan teknis sanitasi dan higiene penanganan hasil perikanan.

Sebanyak 30 orang yang terdiri dari nelayan, pedagang ikan dan pengasin tersebut sangat antusias mengikuti pelatihan tersebut. Pelatihan ini tak sekedar meningkatan kualitas hasil laut namun lebih pada pemeliharaan tempat yang harus higenis agar produk yang dijual dapat bersaing di pasaran lokal dan luar daerah.

Umar Kartono S.pi Map, Kepala P2SKP muncar berharap pelatihan ini menjadi wujud pelestarian dan pemeliharaan pelabuhan agar tetap bersih dan asri juga aman dan nyaman. H. Asnawi sebagai ketua kelompok pengelolaan ikan asin mengucapkan banyak terima kasih atas diadakannya pelatihan tersebut, selain memberikan ilmu juga akan meningkatkan hasil penjualannya, mutu lebih terjamin ungkapnya.

Dalam pelatihan ini tidak hanya berupa penyampaian materi dasar-dasar penanganan ikan yang baik beserta penerapan sanitasi dan higienenya, namun di sertai dengan praktek langsung ke lapangan di Brak pasar ikan yang cukup dikenal oleh masyarakat banyuwangi.
Umar Kartono mengawal langsung hingga menunjukkan pengelolaan yang sangat tepat, dan tetap mengedepankan kebersihan lingkungan yang dijaga. Kepala Pelabuhan Muncar mengingikan perubahan cara berfikir masyarakat pesisir muncar agar memelihara dan menjaga pesisir pantainya, imbuhnya.