Produksi Ikan

Sosialisasi CPIB, Perjanjian Kerja Laut dan Halal Bi Halal dengan Stake holder di PPS Cilacap

Penulis : , | 03/07/2018 15:33

PPS Cilacap (2/7/2018)- pada hari kamis 28 Juni 2018 telah dilaksanakan Sosialisasi Sertifikasi Cara Penanganan Ikan yang Baik (CPIB) dan Sosialisasi tentang  perjanjian  kerja  laut bagi awak kapal perikanan bertempat di balai pertemuan break water PPS Cilacap.

Kegiatan Sosialisasi Sertifikasi CPIB dibuka oleh kepala PPS Cilacap, Ir.Bambang Ariadi, M.M  didampingi Kepala Bidang Operasional Pelabuhan dan Kesyahbandaran PPS Cilacap, Mundakir, A.Pi, M.M dan sekaligus menjadi narasumer dari kegiatan tersebut.

Peserta Sosialisasi Sertifikasi CPIB berjumlah 60 orang yang terdiri dari Nelayan/Nahkoda, Pemilik kapal, Pedagang ikan, HNSI, KUD Mino Saroyo  serta instansi terkait di PPS Cilacap.

Diselenggarakanya kegiatan Sosialisasi di PPS Cilacap seseuai dengan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No.52A/KEPMEN.KP/2013 tentang persyaratan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan pada proses produksi, pengolahan dan distribusi.

Keputusan tersebut mengatur tentang persyaratan dari hulu ke hilir termasuk cara penanganan ikan yang baik pada unit pengumpul/ suplier sebagai bukti komitmen otoritas kompeten dalam rangka pengendalian jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan.

Dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut diharapkan dapt  merubah prilaku kegiatan pembongkaran dan penanganan ikan yang baik diatas kapal, TPI dan ditempat unit pengumpul lebih baik lagi sehingga dapat mempertahankan mutu ikan dengan baik.

Sedangkan Sosialisai PERMEN KP No.42/2016 tentang perjanjian kerja laut bagi awak kapal perikanan dimaksudkan antara lain agar para ABK kapal perikanan dan pengusaha perikanan mengetahui hak dan kewajibannya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Usai kegiatan Sosialisasi dilanjutkan  Halal Bi Halal dengan bersalam-salaman saling memaafkan dengan peserta. (Humas PPSC)