Produksi Ikan

Tiga Instansi (PPN Pengambengan, BROL Perancak, Stasiun Klimatologi Kelas II Jembrana) berkomitmen untuk mendorong nelayan Pengambengan lebih cerdas.

Penulis : , | 02/07/2018 13:02

PPN Pengambengan news, Kamis 28 Juni 2018. Kepala PPN Pengambengan mengajak Kepala Balai Riset dan Observasi Laut (BPOL) Perancak dan Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Jembrana untuk menyebarluaskan informasi terkait Prakiraan Cuaca dan Peta Prakiraan Daerah  Penangkapan Ikan di WPP 573 (khususnya perairan Selat Bali) kepada nelayan Pengambengan.  Kegiatan ini diharapkan dapat menjawab pertanyaan nelayan: “Bagaimanakah kondisi cuaca selama kami di laut dan dimanakah ikan berada?”.

Hasil penelitian terkait Prakiraan Cuaca dan Peta Prakiraan Daerah  Penangkapan Ikan di WPP 573 sudah dilakukan dan setiap hari diperbaharui, namun nelayan masih belum bisa menginterpretasikannya sehingga informasi prakiraan yang sangat baik ini belum dimanfaatkan oleh nelayan secara maksimal.

Menyadari kondisi di masyarakat seperti itu, maka dengan diawali kegiatan “Diseminasi Prakiraan Cuaca dan Peta Prakiraan Daerah  Penangkapan Ikan”, pimpinan tiga instansi (PPN Pengambengan, BROL Perancak dan Stasiun Klimatologi Kelas II Jembrana) berkomitmen untuk mendorong nelayan cerdas dengan menyusun peta prakiraan sesuai kesepakatan sehingga mudah dipahami nelayan dan dijadikan salah satu acuan dalam melakukan penangkan ikan. Selanjutnya penyebar-luasan informasi peta prakiraan harian akan dilakukan melalui WA Group “Nelayan Cerdas” dan Display yang sarananya diadakan oleh BMKG dan PPN Pengambengan.