Produksi Ikan

Nelayan Pengambengan sangat antusias mengikuti kegiatan “Desiminasi Prakiraan Cuaca dan Prakiraan Peta Daerah Penangkapan Ikan”.

Penulis : , | 02/07/2018 12:44

Kamis (28Juni 2018) Bertempat di BalaiPertemuanNelayan (BPN) PelabuhanPerikanan Nusantara Pengambengan, dilaksanakan kegiatan desiminasi prakiraan cuaca dan peta prakiraan daaerah penangkapan ikan. Kegiatan ini diikuti oleh 35 Orang peserta, yaitu para nakhoda, juragan panggung, pemilik/pengurus kapal dan mahasiswa magang dari universitas Brawijaya dan Universitas Padjajaran.  Diseminasi dibuka oleh Kepala PPN Pengambengan serta penjelasan umum oleh Kepala Balai Riset dan Observasi Laut – Perancak dan Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Jembrana yang selanjutnya diisi materai pokok dan praktek terkait Prakiraan Cuaca dan Peta Prakiraan Daerah Penangkapan Ikan (khusus untuk perairan Selat Bali).

Kepala PPN Pengambengan menyampaikan bahwa hasil penelitian yang dilaksanakan oleh Pemerintah ini, akan bermanfaat maksimal hanya apabila teman2 juragan panggung dan nakhoda : PERTAMA: MAMPU MEMAHAMI peta/gambar/informasi tentang prakiraan daerah penangkapan ikan dan prakiraan cuaca.  Selanjutnya yang KEDUA : MAU menjadikan informasi2 tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam operasional penangkapan ikan. Dengan demikian, selain mengandalkan intuisi berdasarkan pengalaman, nelayan juga akan menggunakan informasi dari BROL dan Stasiun Klimatologi Kelas II sehingga diharapkan usaha penangkapannya menjadi lebih efesien dan hasil tangkapannya meningkat.

 Selama pertemuan, peserta sangat antusias bertanya dan mengusulkan berbagai hal sehingga disepakati model peta yang akan ditampilkan.  Informasi prakiraan cuaca dan prakiraan peta daerah penangkapan akan disampaikan kepada nelayan melalui WA group “Nelayan Cerdas” dan display melalui TV di bangsal jaring.